Wednesday, June 16, 2010

Trekking Gunung. Ranjani

Rinjani dikhabarkan diabadikan sempena lagenda seorang puteri iaitu Puteri Anjani manakala dalam bahasa tempatan Rinjani membawa maksud 'tinggi'.Gunung Rinjani adalah gunung berapi yang ketiga tertinggi di dunia dan kedua tertinggi di Indonesia selepas Gunung Kerinci di Sumatera. Lebih tinggi sedikit dari gunung Semeru, dan katanya adalah gunung tercantik di Indonesia. Rinjani kukuh menjulang 3.726 meter di atas permukaan laut di tanah Lombok, Nusa Tenggara Barat. di sekitarnya ada beberapa gunung yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, yaitu Gunung Pelawangan (±  2.658 mdpl), Gunung Daya (±  2.914 mdpl), Gunung Sangkareang (± 2.588 mdpl), Gunung Buah Mangge (±  2.895 mdpl) dan Gunung Kondo  (±  2.947 mdpl). Bagi orang Hindu Bali dan suku sasak, Rinjani memiliki nilai spiritual tinggi. Rinjani adalah satu dari tiga gunung yang disucikan karena dianggap tempat tinggal para dewa, setelah Semeru dan Agung.

1. Pendakian dari desa Senaru

Pendakian dari Senaru adalah yg paling mudah dan ramai yg melalui treknya, ini karena selain pedaki luar ia juga

sering digunakan sebagai trek pendakian oleh masyarakat adat yang akan melakukan ritual tradisional/keagamaan

di Danau Segara Anak dan puncak gunung Rinjani. Terintegrasi pusat pendakian Senaru (Rinjani Trek Centre).

Rute pendakian yaitu Senaru, Pelawangan Senaru - Danau Segara Anak - berjalan kaki menempuh 10 jam melalui jalur wisata -menemukan hutan belantara di sepanjang jalan telah menyediakan sarana untuk beristirahat di setiap pos, dari gerbang Senaru dan Danau Segara Anak ada tiga posting jejak, sepanjang jalan pengunjung dapat menikmati keindahan padang gurun dan batu.

Untuk mendapatkan informasi tentang mendaki Gunung Rinjani telah sediakan terpadu pendakian pusat (Rinjani Trek Centre) oleh Balai Taman Nasional Gunung Rinjani dengan NZAID (Selandia Baru International Development Asistance), bilamana anda dari Danau Segara Anak, Anda akan melanjutkan perjalanan menuju puncak Gunung Rinjani, Anda harus pergi ke kawah Plawangan Sembalun ketinggian 2639 meter menempuh waktu 4 jam pendakian, dari kawah Plawangan Sembalun - ke puncak Gunung Rinjani menempuh waktu 3-4 jam.

Mendaki ke puncak Gunung Rinjani umumnya dilakukan pada pukul 2 pagi, itu dimaksudkan untuk menikmati di sunrise di pagi hari (matahari terbit) dari puncak Gunung Rinjani, anda dapat menikmati pemandangan dari seluruh pulau Lombok merupakan pulau Bali bahkan ketika cuaca sedang baik.

Jarak tempuh pendakian Gunung Rinjani dari Desa Senaru.

Pendakian di mulai dari Senaru - ke kawah Plawangan Senaru ketinggian 2641m menempuh waktu mendaki 7 jam
Dari kawah Plawangan Senaru turun ke Danau Segara Anak menempuh waktu 3-4 jam
Dari Danau Segara Anak mendaki ke kawah Plawangan Sembalun membuutuhkan waktu 3-4 jam
Dari kawah Plawangan Sembalun mendaki lagi ke puncak gunung Rinjani 3726 meter menempuh waktu 3-4 jam
Dari kawah Plawangan Sembalun turun ke desa Sembalun Lawang menempuh waktu 6 jam

Hari pertama.
Perjalanan kami dr Kuala Lumpur ke Bali dan seterusnya ke Pulau Lombok dengan menaiki Feri Darma Kencana III dari jeti Padang Bai Bali menuju Lembar  di Lombok ,Tepat pukul 4.45 petang.
Perjalanan selama empat jam itu digunakan sepenuhnya  merakamkan sudut istimewa dan unik panorama alam dari feri.
Sepanjang pelayaran, penumpang boleh menikmati kewangian serta keenakan kopi Lombok sambil dihiburkan alunan irama dangdut.
Kira-kira pukul 9.00 malam, feri Darma Kencana II berlabuh di jeti Lembar, Mataram.

Memandangkan ketika itu sudah malam,selepas makan malam kami bertolak terus ke Perkampungan Desa senaru yg berdekatan dgn Taman nasioanal Ranjani.

Hari 2: Desa Senaru - bermalam di perkemahan Kawah Plawangan Senaru ketinggian 2641 m dpl
Setelah sarapan di hotel, Pemandu dan porter  sudah menunggu di lobby hotel, kemudian brefing, setelah pendaftaran di Rinjani Trek Centre (RTC). mula mendaki bersama-sama kemudian melalui hutan lebat tropis yang kaya akan flora, kehidupan burung dan berbagai kupu-kupu. Berhenti istirahat diambil di sepanjang jalan. Makan dalam perjalanan di Pos 2 Montong Satas shelter (1.500 m). Setelah makan siang terus berjalan 2-3 jam ke Pos 3 Mondokon Lolak (2.000 m), mengambil istirahat di sini, kemudian dua-tiga jam melalui padang rumput menunju Kawah Plawangan Senaru ketinggian 2.641 m dpl.  menikmati pemandangan di danau Segara Anak ke puncak Mt. Rinjani dan kawah Gunung Baru Jari (2.351 m), gunung berapi yang masih aktif. Pada malam hari terlihat jelas pulau Gili dan Gunung Agung di Bali dapat dilihat ke barat. Mencapai Tepi kawah Plawangan Senaru sekitar 6 atau 7 ptg , mendirikan khemah dan menikmati pemandangan sekitar. Makan malam  di perkemahan Kawah Plawangan Senaru.

Sarapan pagi nasi goreng kampung
Terkejut jg cara dia org ikat barangan yg akan dibawa oleh porter2 kami

Mula treking melalui Desa Sembalun

Mendaftar di Rinjani Trek Centre (RTC sebelum mula pendakian

Pintu Gerbang Taman Nasional Ranjani

Berhenti rehat di Pos 1

Makan dalam perjalanan di Pos 2 Montong Satas shelter (1.500 m)

Pos 3 Mondokon Lolak (2.000 m)

Padang rumput menunju Kawah Plawangan Senaru

View camp site dr puncak Plawangan Senaru
Sunset dr Plawangan Senaru

Hari 3: Kawah Plawangan Senaru - kawah Plawangan Sembalun -bermalam di perkemahan
Setelah sarapan kami meninggalkan perkemahan kawah Plawangan senaru ke danau Segara Anak (2.000 m). Perjalanan menurun melalui trek berbatu dan curam trek trail. Banyak tanaman Edelweiss (Bunga Abadi) sepanjang perjalanan ke danau kawah. Rute perjalanan hari ini curam dan berbatu, .Lebih kurang 2-3jam perjalanan kami sampai di danau segara anak dlm jam 12pm..kami makan dan  bersantai, mandi diair terjun air panas disebelah danau dan mandi  di tepian   Danau Segara Anak

Mula perjalanan dgn menuruni trek yg berbatu dan curam sedikit

Melalui Danau Segara Anak

Danau Air Panas
Hasil Memancing Di Danau Segara Anak

Padang rumput savana trek mencanak ke Plawangan Sembalun

View yg mempesona
Rehat disebabkan cuaca yg amat panas tiada tiupan angin sepoi2...memang Hot time ne...tiada pokok2 besar utk berteduh..

Camp site Plawangan Sembalun

Hari ke 3...Seterus kkami meneruskan perjalanan ke Plawangan Sembalun.perjalanan terus mendaki dan sambil melihat2 pemandangan yg sungguh mengujakan kehijauan lereng2 gunung luas mata memandang. dgn cuaca yg panas terik dan mendaki terasa terseksa juga perjalanan hari ini..Lbh kurang jam 6 ptg kami sampai di Camp Plawangan Sembalun..Lewat sikit perjalanan disebabkan kami byk berehat sambil menikmati pemandangan..perjalanan mengambil masa 4-5jam.seterusnya kami mendirikan kemah dan makan malam disini.Pemandangan sunset yang kami lihat begitu menakjubkan. Puncak Gunung Agung, Bali juga terlihat dari Plawangan Sembalun ini. Sungguh, setelah merayakan kemenangan melewati Bukit Penyesalan, pemandangan sunset ini menjadi pelengkap yang sempurna....kami tido awal malam ne disebabkan esok pg jam 2pg kami akan mendaki ke puncak Ranjani..

Camp Site Plawangan Sembalun
Tambah kapsyen

Hari 4: Kawah Plawangan Sembalun-Puncak Ranjani- Desa Sembalun

Plawangan sembalun adalah pos terakhir sebelum ke puncak, dengan ketinggian sekitar 2700 mdpl. Puncak Rinjani berada di ketinggian 3726 mdpl. . Sisa-sisa tenaga saya kumpulkan demi puncak rinjani. Daypack, headlamp,Bekalan makanan,air serta doa yang saya bawa. Target saya hanya satu  sampai di puncak dan mengambil gambar sunset dari sana.trek menuju puncak adalah berbatu dan berpasir, .trek ini sangat mengerikan dan merbahaya kerana di kiri-kanannya terdapat gaung menganga lebar. boleh mendatangkan ketakutan klau yg gayat..Pasir berbatu yang menutupi jalan membuat langkah juga semakin terseksa, walaupun  saya sudah memakai tongkat trek menuju ke Puncak ne membuatkan kita melangkah tiga langkah, tetapi turun lagi dua langkah. sangat menyeksakan bila melihat puncak sudah terlihat dekat tetapi langkah kita semangkin perlahan dan badan pun terasa lemah dan kesejukan..ada perpatah biar jalan santai yg penting sampai,itu yg menguat semangat saya utk sampai ke puncak,walaupun setiap 20-30 langkah saya berhenti berehat..

View Sunrice dr trek ke Puncak

trek berpasir mudah mengelongsor

PUNCAK RANJANI akhirnya sampai juga angin yg kuat serta dinggin menyebabkan kami tak tahan menunggu lama di puncak.

.Alhamdulillah, akhirnya saya sampai juga di Puncak Rinjani. Kami sampai di Puncak Rinjani tepat jam 7.30am. Saya benar-benar tidak menyangka dapat sampai ke puncak  walaupun dengan waktu yg tidak dijangka . Pemandangan dari atas benar-benar sempurna dan sangat menakjubkan. Kata-kata syukur tidak berhenti keluar dari bibir kami yang terus tersenyum. Cantiknya Rinjani! Kejayaan itu kami raikan dengan kibaran Jalur Gemilang di puncak Rinjani yang terletak kira-kira 10.5 kilometer daripada kem Pelawangan Sembalun Di puncak Rinjani,kami  dapat melihat pemandangan Gunung Barujari yang dikelilingi Danau Segara Anak dan diapit oleh Gunung Anak Dara dan Gunung Rombongan.
Angin di Puncak Rinjani terlalu kencang. walaupun matahari sudah tegak naik, udara disini tetap sejuk . Kami cuma bertahan setengah jam di puncak, lalu turun lagi ke batu besar utk berehat sambil membuka bekalan makanan yang kami bawa.

Perjalanan turun dari puncak ke Plawanga turun dari Sembalun  hanya dua setengah jam, tidak seperti mendaki nya yang memerlukan masa lima jam, . Sampai di basecamp, semua pakaian kami penuh dengan debu . baju saya basah dengan peluh kerana waktu turun cuaca sudah sgt panas. Kami lalu sarapan sekaligus makan tghari, Seterusnya bersiap utk turun ke Desa Sembalun. Perjalanan menuju Puncak Rinjani ini begitu memenatkan, tapi menjadi pengalaman yang tidak akan pernah kami lupakan . Alhamdulillah.

Trek yg membosanpenat tetapi mendamaikan walaupun jauh perjalanan dgn cuaca yg panas terik akhirnya kami sampai di Sembalun Lawang.
Pemandangan Sembalun Lawang terasa begitu damai dan menyegarkan. Semoga saya masih dapat melihat desa ini lagi.

Sampai di Desa Sembalun sebelum berangkat ke Mataram utk berehat di hotel dan utk acara melawat sekitar mataram.

Terima kasih Rinjani, terima kasih atas semua keindahan dan keajaibanmu, terima kasih telah memberikan keyakinan bahwa mimpi-mimpi itu memang dapat kita raih jika kita tidak tidak pernah menyerah, terima kasih Ya Allah telah mengizinkan saya melihat sedikit indahnya ciptaan-Mu.. Sampai berjumpa  lagi!